Lebih Baik Google AdWords atau Facebook Ads?

Saat kita bertanya tentang siapa “sang raja” di internet? Pelaku jasa SEO profesional, SEO agency mengakui bahwa Google dan Facebook adalah sang raja di internet saat ini. Keduanya menjadi raksasa dibalik internet dan sama-sama memiliki platform tersendiri, berbeda dalam hal advertising atau iklan pemasaran online. Banyak pemilik bisnis kelas menengah kebawah bertanya tanya perihal mana yang terbaik untuk memasang iklan PPC (Pay Per Click), Facebook ataukah Google?

Untuk menjawab pertanyaan diatas mari kita pelajari bersama-sama tentang cara kerja Facebook Ads dan Google AdWords. Secara keseluruhan Google AdWords memiliki cara kerja yang berbeda dari Facebook Ads. Jadi begini, saat seseorang ingin sesuatu katakanlah mencari informasi tentang “hosting” maka dia kan pergi ke Google dan mengetik kata pencarian di sana. Setelah itu sederet hasil pencarian “hosting” bermunculan dari angka satu sampai sepuluh.



Google AdWords

Jika ditengok melalui ilustrasi gambar diatas, maka Anda bisa melihat bahwa yang muncul tidak cuma hasil pencarian saja, namun iklan juga turut muncul di kolom bagian paling atas dan kolom bagian kanan. Konten iklan yang muncul juga berkaitan erat dengan kata pencarian yang dalam kasus ini adalah “hosting”. Berbagai macam provider hosting bermunculan dari bagian atas dan samping kanan.

Jika Anda menggunakan Google AdWords maka bisa dipastikan konten atau produk Anda akan muncul melalui skema kerja seperti diatas. Iklan Google situs pencari terbesar yang dilahirkan oleh Larry Page dan Sergey Brin menargetkan pada momen saat pengguna mencari informasi yang dibutuhkan di kolom pencarian. Pada saat itulah produk atau iklan Anda akan masuk sesuai dengan klasifikasi produk. Namun lain halnya dengan Facebook. Cara kerja iklan Faceook tidak demikian, bahkan bisa dikatakan sangat berbeda. Facebook karya sang genius Mark Elliot Zuckerberg dalam menyajikan iklan menggunakan berbagai macam cara mulai dengan membaca jejak aktifitas Anda di browser, melihat kegemaran Anda, lokasi Anda saat ini, halaman yang Anda ikuti dan masih banyak lagi. Semua bisa dicocokkan dan ditargetkan secara jitu melalui iklan Facebook.

Iklan Facebook


Contoh kasus seperti ini, Anda memiliki sebuah produk hosting lokal dan ingin beriklan di media sosial Facebook. Didalam dasbor pengiklan maka Anda diberi keleluasaan untuk memilih berbagai macam kategori orang yang akan melihat iklan Anda:

-    Rentang usia orang yang bisa melihat iklan Anda
-    Lokasinya dimana
-    Kegemarannya, aktifitas di dalam Facebook group
-    Dll ...

Disamping itu iklan Facebook memiliki berbagai macam variasi iklan mulai dari banner ads, halaman yang disarankan, status yang disarankan, video yang disarankan dan beberapa jenis iklan lain.

Kesimpulan
Penulis merasa bahwa iklan di Facebook sedikit lebih baik ketimbang iklan di Google, jika ingin melakukan campaign, memperkenalkan sesuatu, iklan di Facebook begitu detail dan tertarget. Hal tersebut juga akan membuat penjualan juga semakin meningkat. Beriklan di Facebook juga akan membuat produk atau brand Anda semakin dibicarakan antar pengguna. Hal ini juga sangat baik untuk meningkatkan brand awareness kepada masyarakat. Jika mau langsung dagang dengan melakukan Search Engine Marketing (SEM) Google AdWords pilihannya. Kalau mau melakukan penetrasi secara cepat dan massif, gunakan keduanya, bila penting lakukan hal yang sama di Twitter.