Keunggulan Beriklan Dengan Google AdWords

Digital marketing melalui search engine adalah salah satu strategi paling tepat untuk memasarkan produk atau jasa dengan pesat. Bagiamana tidak, pengguna di Indonesia saja sudah tembus hampir 100 juta orang setiap hari. Sedangkan di dunia mencapai 2,4 miliar. Bayangkan saja produk yang dipasarkan dilihat oleh ratusan juta dan milyaran orang di dunia dalam waktu bersamaan. Sudah bisa dipastikan popularitas brand akan naik dengan pesat dan penjualan pun akan meningkat.

Jika kesulitan menggunakan teknik SEO yang membutuhkan waktu berbulan-bulan agar bisa mencapai halaman pertama Google, menggunakan SEM hanya butuh waktu beberapa detik untuk bisa berada di halaman pertama. Cukup dengan melakukan iklan melalui Google AdWords, pengguna bisa meletakkan Website pada barisan pertama pencarian atau di sidebar pencarian Google.

Penggunaan iklan jenis ini berbeda dengan yang Digital Ads lainnya, yaitu dengan sistem Pay Per Click atau bayar setiap kali klik. Jenisnya juga berbeda, ada yang berbentuk Text-based Ads, Product Based Advertisement atau PLA (Product Listing Ads) yang sifatnya lebih visual seperti Google Display Network (GDN) dengan konsep re-marketing yang dapat tampil pada situs tertentu.

Penempatan iklan pada posis atas atau bawah  hasil pencarian organik memiliki keuntungannya tersendiri. Berikut ini berbagai alasan penting kenapa Anda harus mencoba beriklan di Google AdWords agar bisa mendongkrak bisnis dengan cepat:

1. Biaya yang dikeluarkan terukur
Strategi marketing jenis ini sangat mudah diukur dari segi waktu dan anggaran. Berdasarkan performa dari iklan tersebut bisa dihitung dengan penghasilan yang diperoleh. Namun harus juga memperhatikan kualitas Website serta nilai bid pada kata kunci yang ditargetkan agar tidak berat di pengeluaran.

2. Iklan mudah ditemukan dengan cepat
Ketika seseorang mencari produk atau barang melalui Google, hasil pertama yang akan muncul adalah iklan produk melalui teknik SEM (Search Engine Marketing). Tidak hanya berada pada halaman pertama, tetapi juga pada halaman teratas. Tingginya permintaan belanja melalui internet membuat peningkatan omset sangat mudah dilakukan.

3. Sangat mudah menerbitkan iklan
Dibandingkan dengan teknik SEO yang membutuhkan waktu tertentu dan pemahaman yang baik serta perlakuan yang cukup sulit dan saingan yang ketat untuk bisa mendorong Website tampil pada halaman pertama. Pada iklan Google AdWords, hanya perlu membayar iklan dan dalam hitungan detik iklan sudah bisa tampil di halaman pertama pencarian Google.

4. Intensintas iklan lebih tinggi
Silahkan lakukan uji coba untuk mengetahui seberapa besar intensitas iklan Anda muncul di mesin pencari. Lihatlah pada halaman pertama, kedua, ketiga dan seterusnya. Pada bagian teratas tetap saja ada iklan yang selalu dimunculkan. Ini jadi peluang besar agar visibilitas Website melalui iklan PPC atau Pay Per-Click ini menjadi lebih besar. Agar iklan lebih efektif dan tepat sasaran, sebaiknya diskusikan dengan ahlinya, atau serahkan pada RAJASEO agar ROI (Return Of Investment) dan peningkatan omzet terwujud.

5. Performa ditentukan dengan ketepatan memilih kata kunci
Anda bisa mencoba melakukan riset kata kunci dengan harga per klik yang berbeda, lalu dikomparasikan dengan peningkatan penjualan produk. Dari sini bisa dihitung penggunaan kata kunci paling ideal, yaitu paling murah dari segi pembayaran per klik dan paling besar berkontribusi pada peningkatan penjualan.

6. Ada Lelang Iklan (Ads Auction)
Google AdWords memberikan kesempatan mendapatkan keuntungan berlipat melalui iklannya yang dilelang. Lelang iklan ini akan menentukan posisi dimana iklan akan tayang. Otomatis, meskipun budget terbatas, pemasanga iklan tetap bisa mendapatkan tempat di mesin pencari Google. Letaknya ditentukan oleh quality score yang disetujui oleh Google.

Penggunaan Google AdWords bisa jadi alternatif bagi seseorang yang ingin melakukan riset pasar online tentang perbandingan seberapa besar penyerapan pasar diantara dua produk atau lebih. Sehingga bisa melakukan penjualan ideal, yaitu margin keuntungan lebih tinggi dan potensi penyerapan lebih besar.