Teknik SEO Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah salah satu bentuk bisnis online yang menjadi pilihan bagi para internet marketer, baik itu pemula atau Blogger yang sudah mahir. Setidaknya 2-3 tahun belakangan ini semakin tumbuh pesat. Konsep utama dari affiliate marketing adalah menjual produk unik melalui Web atau Blog yang terangkum dalam satu sistem pemasaran berbasis online, murni mengandalkan internet.

Tentu sangat mahfum bila kebanyakan Web atau Blog yang tergabung dalam satu affiliate marketing untuk satu produk berusaha untuk meningkatkan traffic pengunjung hingga tataran yang paling maksimal. Target peningkatkan traffic untuk teknik affiliate marketing tentu membutuhkan dukungan yang besar, terutama agar bisa mencapai SERPs (Search Engine Results Pages) di halaman terluar (page 1-3) tampil menonjol pada halaman utama situs penjejak.

Disini biasanya, Web atau Blog yang berafiliasi untuk memasarkan suatu produk dari perusahaan tertentu (affiliate marketing) perlu dioptimasi. Tindakan optimasi yang dilakukan bisa dengan cara berbayar menggunakan strategi Paid Per-Click (PPC), menggunakan Google Adwords bisa dilihat pada artikel terkait bertajuk Lebih Baik Google AdWords atau Facebook Ads? atau bisa dengan cara yang lebih murah dan efektif yaitu memaksimalkan SEO (Search Engine Optimization) Web atau Blog tersebut. Artikel kali ini ditujukan untuk mengulas secara umum tentang bagaimana memaksimalkan SEO Web atau Blog secara organik untuk kepentingan affiliate marketing dan berikut intisarinya.

SEO untuk Affiliate Marketing, Efektif dan Menguras Kesabaran

Berbisnis online, terutama bila dimaksudkan untuk model bisnis offline to online jelas memerlukan kesabaran. Ini dikarenakan setidakanya ada beberapa hal yang harus diwujudkan jauh sebelum memulainya, pertama Web atau Blog sebagai media, konten berkualitas sebagai isi postingan, dan yang terakhir jelas adalah optimasi di sisi SEO Web atau Blog itu sendiri.

Secara gamblang bisa dikatakan, butuh waktu, tetapi bila target utama yang ingin dicapai adalah posisi teratas mesin pencari yang berbuah klik dari organic user, teknik optimasi SEO masih cocok untuk segala jenis bisnis online termasuk pemasaran berbasis afiliasi. Berikut ini adalah elemen yang perlu diperhatikan.

• Yakinkan Search Engine, Lakukan Management Penggunaan Keyword
Secara garis besar, penggunaan keyword secara efektif adalah salah satu bagian dari banyak elemen SEO. Yang dimaksud dengan penggunaan keyword secara efektif adalah, bagaimana menemukan dan meramu keyword sehingga menjadi judul, hingga isi artikel yang dengan demikian mampu “meyakinkan” algoritma mesin pencari (cth; Google) untuk memasang artikel di bagian teratas, yang dengan sendirinya mendongkrak posisi Web atau situs Blog yang dipergunakan sebagai media affiliate marketing jadi sarana meningkatkan convertion rate (jumlah pembelian produk). Pahami dengan baik memilih dan cara membuat keyword yang tepat, lakukan research dengan sempurna.

Kenapa harus menggunakan keyword secara efektif untuk menghasilkan konten? Sebab keyword adalah sarana pengguna mesin pencari untuk melakukan pencarian di mesin pencari, sedangkan mesin pencari akan memberi rekomendasi  pada pengguna, menyajikan situs yang tepat dari jutaan Web yang tersebar di internet.

Tugas search and suggest  ini dilakukan oleh “robot perayap” mesin pencari dimana akan ditampilkan hasil paling relevan dari keyword yang dimasukkan pengguna, jika Web atau Blog pemasaran online memiliki konten dengan kata kunci yang relevan sebagaimana yang dimaksudkan pengguna mesin pencari jelas posisinya akan berpotensi tampol pada halaman pertama. Hal inilah yang akan meningkatkan peluang konversi dengan semakin meningkatnya kunjungan menuju Website atau Blog afiliasi.

• Human Not Robot, Value Based adalah SEO terbaik
Management keywords adalah bagian yang harus diperhatikan para penggiat, Search Engine Optimizer, reload page yang user friendly juga adalah bagian dari SEO, masih banyak yang lain tentunya. Tapi yang paling utama jelas adalah UX (user experience).

Sebuah Blog atau Web sebagai media affiliate marketing jelas bertujuan untuk menjual suatu produk. Untuk itu perhatikan jelas content dalam Web atau Blog tersebut. Buat dan posting, content yang memberikan nilai bagi pengunjung situs semaksimal mungkin, sehingga faktor kepuasan pengguna akan tercapai.

seo affiliate marketing