Cara Optimasi Jitu SEO YouTube


Kanal video milik YouTube semakin digandrungi sebagai penghasil uang yang sangat besar jika dilakukan dengan tepat dan kreatif. Artikel ini disajikan oleh RAJASEO, penyedia jasa SEO di Jakarta, bagaimana cara mengoptimasi atau melakukan SEO pada video di YouTube agar mudah ditemukan pada lini masa dan laman pencarian Google.

Melakukan optimasi video, SEO (Search Engine Optimization) YouTube adalah cara yang tepat agar konten video memiliki visibilitas yang lebih besar dibandingkan video sejenis. Bukan hanya mudah ditemukan dalam pencarian YouTube itu sendiri, tetapi juga dalam hasil pencarian search engine terbesar di dunia Google pemilik YouTube serta mesin sejenis lainnya seperti Bing.

Manfaat SEO Video YouTube

Konten video dengan karakteristik audi visual adalah media terbaik untuk menceritakan berbagai hal, dan eksistensinya semakin populer ketika teknologi internet berkembangan pesat dengan ragam media sosial seperti Facebook, Twitter, Blog dan Website yang dapat menautkan link maupun menyematkan (embedded) video tersebut sebagai bagian dari konten. Bisa dibagikan dengan mudah bahkan dapat viral, di-share secara berantai.

Audio visial dengan sejarah panjangnya, selalu diminati sepanjang masa, sejak ditemukan hingga detik ini, ketika Anda ingin menjadi content creator atau YouTuber pemula termasuk mereka yang mahir, menginginkan jumlah viewer meningkat, subscriber dan like lebih banyak. Saat ini, dengan begitu banyaknya pengunggah video setiap hari ke YouTube, ada yang menyematkannya ke website, jumlah video tentu semakin banyak. Bagaimana caranya agar video milik mu dilihat orang, itu menjadi sangat penting.

Sebelum membagikan trik terbaik untuk melakukan SEO video, perlu dipahami, siapapun lebih mengapresiasi dan kepo akan konten original. Bermanfaat bagi mereka atau bisa juga menghibur. Itu adalah cara terbaik mengoptimasi konten video selain masalah teknis yang dapat dipelajari oleh siapa saja. Ide kreatif itu sulit ditiru dan bahkan dapat menjadi brand sang kreator.

Kiat dasar dan teknik mahir ini dibuat untuk membantu Anda dan pembuat konten agar mampu melawan kreator video lain yang tidak memahami cara dan taktik pengoptimalan video.

Dasar-dasar SEO YouTube

Pahamai dengan baik mengapa YouTube menyediakan fitur, memungkinkan pemilik channel memasukkan judul (meta title), deskripsi (meta description), dan meta tag secara manual, serta dapat melakukan kustomisasi thumbnail video yang optimal dan menyediakan fitur tautan pada akhir video, bisa tombol subscribe atau lampiran video lain bahkan link bagi mereka yang telah memenuhi syarat dari YouTube. Disediakan juga menu untuk memasang subtitle atau CC, serta cards melalui YouTube Studio.

Semua fitur tersebut disajikan agar video yang diunggah dapat dioptimasi pemilik kanal dengan baik, melalui pengaturan yang harus dipahami dengan benar. Semua opsi harus digunakan sejak pertama kali video diunggah, dengan pengecualian mungkin menambahkannya ke daftar putar (play list)

Judul Video

Gunakan kata kunci yang dibidik, fokuslah pada tujuan pembuatan video dan bagaimana kata kunci itu cocok dengan apa yang disajikan pada materi video, jangan judulnya politik, isinya semua tentang jenis-jenis pemantik.

Jangan khawatir tentang menambahkan nama kanalmu ke judul video yang akan di-upload dan tetap fokus pada elemen-elemen penting. Contoh video dengan menyematkan nama kanal: Local SEO Services Jakarta | RAJASEO

Bila Anda paham, bolehlah menggunakan penelitian kata kunci (keywords) untuk mendapatkan hasil maksimal dari semua fitur YouTube dasar di mana Anda dapat memanfaatkan kata kunci dan relevansi. Diperkenankan mebuat judul video sekitar 65-70 karakter (termasuk spasi) untuk mengatakan apa yang penting, jadi pastikan untuk menggunakannya dan memanfaatkannya dengan tepat. YouTube memungkinkan pemasanga 100 karakter dengan spasi, tetapi judul akan terlihat terpotong terutama pada laman pencarian Google dikenal dengan SERPs (Search Engine Result Pages)

Judul adalah salah satu hal pertama yang dilihat pengguna ketika video Anda muncul di halaman, muncul dalam pencarian, atau dibagikan di media sosial. Buatlah judul yang memiliki makna.

Deskripsi Video

Seperti judul yang telah dibuat, deskripsi juga harus berisi kata kunci, mencerminkan dan menerangkan konten video, merupakan salah satu bagian yang sering membuat kepo penonton video. Sajikan deskripsi tentang video dengan informatif, mencerahkan, bukan sebagai  kanal iklan atau promosi yang membabi buta dengan bahasa hiperbola.

Melalui menu meta deskripsi informasi dapat disajikan lebih, jumlah kata bisa diisi lebih banyak, tetapi tidak boleh terlalu panjang, seperti cerpen. Deskripsi harus memikat pengguna untuk menonton video karena informasi yang diberikan membuat orang percaya bahwa video itu adalah sesuatu yang mereka perlukan, merea bisa tiba di sana karena dicari. Jangan buat kecewa sehingga membubuhkan dislike.

Deskripsi pada YouTube diperkenankan menyertakan setidaknya satu tautan pranala atau link, biasanya dapat diarahkan ke ke situs website pemilik kanal, bisa juga ke halaman khusus (posting) yang berisi konten video yang disematkan maupun akun media sosial, Facebook, Instagram, Twitter.

Jangan pernah menautkan sejumlah link secara berlebihan, mencekoki deskripsi video dengan alamat website, semua kanal di media sosial hingga landing page pada situs tertentu maupun tautan berita yang mengulas tentang hal yang mau diterangkan. Tindakan ini disebut spammy, YouTube tidak suka, jangan sampai kena banned.

Trik terbaik adalah seperti ini, tulis deskripsi hingga dua paragraf, jangan cekokin dengan keywords yang ditulis berulangkali dan tidak enak dibaca, sangat garing. Tambahkan setidaknya satu tautan. Upayakan minimum 300 karakter, termasuk spasi. Tulislah agar enak dibaca, karena Anda menulis untuk manusia, bukan untuk kepentingan robot mesin pencari.

YouTube memungkinkan penulisan 500 karakter pada kolom deskripsi, tidak perlu  juga mengisinya selengkap itu, biarkan video bercerita yang setara dengan 1.8 juta kata-kata.

Artikel Penting:

 

Meta Tag

Tag hampir semua situs Web 2.0 memiliki fasilitas itu. Cara unik di YouTube dan berguna untuk mengklasifikasikan konten, mengelompokkannya pada topik tertentu yang juga digunakan pengguna lain.

Gunakanlah tag yang sangat relevan dengan video, kata kunci yang benar-benar sinkron dengan isinya. Jangan tambahkan tag yang sama sekali tidak berhubungan. Bisa jadi Anda berharap akan mendapatkan visibilitas yang lebih baik, justru bisa sebaliknya, subscriber atau pengunjung kecewa, mereka bisa unsubsribe hingga mebubuhkan tanda tidak suka maupun meninggalkan komentar negatif.

Tag membantu pengguna konten digital dan Google termasuk mesin pencari lainnya agar lebih memahami isi video Anda, manfaatkan sebaik-baiknya, maksimum tiga tag itu yang paling jitu.

Thumbnail

Memilih gambar kecil atau thumbnail sebagai cover sangat penting. Pilihlah gambar yang menarik dari tiga pilihan yang disajikan YouTube di  creator studio atau unggah gambar yang lebih baik dan harus relevan.

Sebaiknya jangan memilih gamabar dari slide judul atau apa pun yang dilarutkan dengan tulisan hiperbola selain terkesan berantakan, berlebihan itu menjengkelkan. Pilihlah gambar yang akan membuat pengguna tertarik, berpotensi menghasilkan banyak klik. Jangan melakukan sesuatu yang terkesan menipu, seperti memasang gambar dengan tulisan yang disuguhkan tidak relevan dengan isi video.



Play List

Gunakan daftar play list untuk memperluas jangkauan dan visibilitas kumpulan video yang telah ada. Pengaturan dasar untuk konten YouTube memungkinkan pengoptimalan agar dapat meningkatkan visibilitas dan kinerja video. Pastikan juga semua video yang disajikan untuk publik aktif, pilihannya ada unlisted dan private.

Terjemahan

YouTube menawarkan ke pembuat konten untuk menerjemahkan video ke bahasa lain, dengan demikian tombol bahasa video boleh diaktifkan, untuk mempermudah robot YouTube memahami isi video tersebut. Fitur ini berguna ketika menerbitkan konten global yang ditujukan untuk audiens internasional yang melihatnya atau ketika mengarahkan target demografis tertentu dengan bahasa yang berbeda selain dari bahasa Inggris.

Silahkan trik ini digunakan, sekali lagi cara optimasi, lakukan SEO video YouTube yang paling jita adalah, menyuguhkan konten kreatif dan unggah secara berkala. Ketika Anda memiliki puluhan ribu atau jutaan subscriber, Anda sudam memiliki potensi viewer dan like yang sangat besar, Anda layak disebut YouTuber ketika telah menghasilkan duit yang jumlahnya sangat signifikan. Cara SEO video ini juga dapat diaplikasikan pada platform sejenis seperti Vimeo maupun Vidio penyedia layanan streaming Indonesia.